Senin, 28 Mei 2012

pakaian adat riau

Pakaian Adat Tradisional Riau - Mengenal nama pakaian adat Riau. Masih seputar adat dan  Budaya Indonesia, kali ini menuju provinsi Riau, informasi Pakaian Adat Indonesia dari blog artikel dan berita Indonesia kain ini adalah tentang Pakaian Tradisional Indonesia yang berasal dari provinsi Riau. Buat masyarakat yang ada di Riau, pemakaian baju serta kelengkapannya akan pada yang memakainya. Kalau untuk kesehariannya, baik untuk pakaian busana yang di pakai dirumah atau untuk keluar rumah bisa berbeda dengan pakaian dan kelengkapannya yang di kenakan saat ada acara tertentu, misalnya saat ada upacara atau perjamuan resmi.

Pakaian tradisional Riau : Kalau Baju yang dipakai untu kehidupan sehari-hari, para pria dan wanita yang ada di Riau sering memakai baju kurung. Nama pakaian ini biasa di sebut dengan nama baju gunting cina. Pakaian gunting cina ini biasanya dipakai pada saat badan sudah sudah dalam keadaan bersih dan sebagai busana untuk menunaikan ibadah shalat atau juga buat menerima tamu yang datang berkunjung kerumahnya. Hal yang menarik lainnya dari Budaya Riau adalah tempat wisata dan liburan, Jika suatu saat Anda berkunjung ke Riau coba deh Anda jelajahi tempat wisata Riau yang sangat menarik dan indah sebagai tempat tujuan wisata.

Gambar Pakaian Adat Tradisional Daerah Riau

Pakaian Adat Tradisional Riau


Baju Adat Tradisional Riau

Pakaian Adat Daerah Riau



Kaum pria yang ada di raiu biasanya mengenakan tutup kepala yang biasa disebut dengan songkok, sementara kaum wanita Riau akan menutup kepalanya dengan menggunakan sepotong kain berujud selendang. Jika ada kesempatan yang sifatnya agak lebih formal misalnya untuk menghadiri upacara, kaum wanita yang ada di Riau biasanya memakai Busana kurung satu sut. Umumnya bahan baju ini dibuat dari kain songket, kain satin ataupun kain sutera.

Sedangkan pakaian yang dipakai oleh kaum pria yang ada di Riau bernama baju gunting cina, atau pakaian pesak sebelah dengan paduan kain sarung atau Celana. Untuk bagian di kepala akan ditutupi dengan mengenakan peci atau songkok. tampaknya untukk Pakaian kaum pria ini ada sedikit pengaruh kebudayaan dari barat, yaitu dengan adanya satu kebiasaan untuk mengenakan celana serta kemeja yang dilengkapi dengan mengenakan jas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar